Biografi Zumi Zola – Gubernur Provinsi Jambi

Zumi zola merupakan salah satu Gubernur muda yang ada di Indonesia. Ia lahir pada tanggal 31 maret 1980 (36 tahun) di Jakarta. Ia menjabat sebagai Gubernur Jambi sejak 12 februari 2016 untuk periode 2016 – 2021. Zumi menang pilkada provinsi Jambi yang berpasangan dengan Fachroni Umar.

Nama lengkap Zumi ialah Zumi zola, S.TP, M.A. sebelum terjun  ke dunia politik Zumi merupakan aktor yang membintangi berbagai film dan sinetron tanah air. Zumi merupakan keturunan asli Melayu Jambi.

Zumi zola mempunyai istri, yang bernama Sherrin tharia yang merupakan pemain biola dan putri dari Tengku malinda mantan penyiar TVRI. Zumi zola dikaruniai dua orang anak yaitu Zameer zahid abyadh zola (1 agustus 2014) dan Zhafran ziyadh at-thahirah (22 juni 2016).

Baca juga: Biografi Rizal ramli mantan menko kemaritiman era presiden Joko widodo

Zumi mewarisi darah politik dari sang ayah, Zulkifli nurdin yang merupakan Gubernur Jambi periode 1999 - 2004 dan periode 2004 – 2010. Sebelum menjadi Gubernur, ia menjabat sebagai seorang bupati di Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011 – 2016 yang berpasangan dengan wakilnya Ambo tang. Pada pilkada serentak 2015, terpilih menjadi Gubernur Jambi untuk periode 2016 – 2021, yang didukung oleh beberapa partai politik yaitu PAN, Nasdem, Golkar, Hanura. PKB, PBB, dan PPP.

Pria yang dari kecil bercita-cita menjadi aktor ini, baru mulai terjun ke dunia seni peran disaat ia duduk di bangku kuliah. Sinetron pertama yang dibintanginya ialah Culunnya Pacarku (2004). Baru, ketika ia membintangi sinetron Hantu Jatuh Cinta (2006) namanya popular dikalangan masyarakat Indonesia. Ia juga menjadi aktor utama di sinetron Ku Tlah Jatuh Cinta (2006) dan juga menjadi model video clip single Matahariku (2008) milik Agnes Monica. Akan tetapi, namanya hilang di panggung hiburan tanah air dikarenakan ia melanjutkan studinya di London, Inggris.

Setelah kepulangannya dari inggris, Zumi kembali lagi bermain seni peran di film Kawin Laris (2009). Ia menjadi salah satu dari lima pemain utama di film fiksi historis Indonesia Merah Putih (2009).

Baca juga:

Popular posts from this blog

Biografi Sri Mulyani - Menteri Keuangan Republik Indonesia

Biografi Howard Schultz - Pemilik Kopi Starbucks

Biografi Recep Tayyip Erdogan - Presiden Turki