Biografi Recep Tayyip Erdogan - Presiden Turki

Recep Tayyip Erdogan merupakan tokoh yang di perbincangan oleh kalangan masyarakat luas. Presiden turki ini terkenal akan kehebatannya dalam membangun Negara Turki, ketika masih menjabat sebagai perdanan menteri. Turki ditangan Erdogan menjadi kekuatan baru di tanah Eropa, dengan ambisinya untuk mengembalikan kejayaan Turki. Dalam beberapa kebijakan yang diambilnya membuat Negara Turki mencapai kemajuan yang sangat gemilang.

Ia lahir  pada tanggal 26 februari 1954 di Istanbul, Turki. Pria yang berumur 63 tahun ini mempunyai istri yang bernama Emine Gulbaran dan di karuniai empat orang anak. 

Baca juga: Biografi Rizal ramli, mantan menko kemaritiman era presiden Joko widodo

Ia menghabiskan masa kecilnya didekat laut hitam, karena ayahnya seorang pelaut dari kota Rize. ia sekolah untuk belajar agama di sekolah Imam Hatif kemudian ia melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di jurusan ekonomi dan bisnis di Universitas Marmara, Turki.

Karir politk

Erdogan memulai karir politik ketika bergabung dengan partai islam yang bernama Milli Selamet Partisi, namun partai tersebut bubar ketika terjadi kudeta militer di Turki tahun 1980. Setelah stabilitas politik diturki mulai aman kemudian Erdogan menjadi ketua Partai Kesejahteraan yang didirikan oleh bekas anggota partai Milli Selamet Partisi. Dengan kendaraan politiknya ini, Erdogan mencoba mencalonkan diri untuk menjadi walikota di Istanbul tengah dan calon Dewan Agung Turki namun keinginannya tersebut gagal.

Di tahun 1991, Erdogan terpilih sebagai anggota parlemen akan tetapi keanggotaanya tersebut dicabut oleh Komisi Pemilihan Pusat Turki. Erdogan mulai menjadi terkenal ketika ia duduk sebagai Walikota Istanbul Raya dan membawa partainya sebagai partai terbesar di Turki. keberhasilannya dalam merancang tata kota Istanbul yang nyaman dan modern tersebut membuat ia semakin terkenal. Ditambah lagi dengan berhasilnya memerangi masalah umum di ibukota Turki tersebut seperti mengurangi pengangguran, memberikan air bersih, pengurangan kadar polusi kota, memerangi prostitusi, serta pelarangan minum minuman keras di tempat umum. 

Baca juga: Biografi Fadel muhammad, gubernur gorontalo 2001-2009

Di tahun 2001, Erdogan mendirikan sebuah partai bernama Partai Keadilan Pembangunan (Adalet ve Kalkinma Partisi) yang berhaluan islam. Partai AKP tersebut menjadi partai terbesar di tanah Turki. Terbukti pada pemilu tahun 2003 partai AKP memenangkan pemilu dan membawa Erdogan menjadi Perdana Menteri Turki. kebijakan dalam dan luar negerinya, membuat namanya terkenal di belahan dunia sebagai salah satu pemimpin terbaik.

Erdogan membuktikan bahwa dirinya mampu memimpin negaranya dengan kemampuan produk domestik brutonya mencapai 100 milyar dollar di tahun 2013, setahun sebelum masa jabatan perdana menterinya habis. Turki bisa masuk dalam jajaran negara-negara kelas atas dengan masuknya turki menjadi anggota G-20.

Dibidang pertahanan, Erdogan membuat Turki berhasil mengembangan dan memproduksi peralatan militer seperti tank, pesawat serta satelit militer. Pendapatan perkapita turki pun naik, yang sebelum 3.500 dolar menjadi 11.000 dolar pertahun ditahun 2013.

Ketika masa jabatan Perdana Menterinya selesai tanggal 28 agustus 2014, Erdogan mencalonkan diri sebagai Presiden Turki dan berkat dukungan dari partainya tersebut, ia berhasil terpilih menjadi Presiden Turki. 

Baca juga:

Popular posts from this blog

Biografi Sri Mulyani - Menteri Keuangan Republik Indonesia

Biografi Howard Schultz - Pemilik Kopi Starbucks